RSS

Injil – الإنجيل

20 Mar

Kata Injil berasal dari kata bahasa Yunani ευαγγέλιον, euangelion (eu- “baik”, -angelion “pesan”). Secara harafiah, Injil berarti kabar baik.

Banyak orang, terutama Muslimin, mengira Injil hanya ditemukan di Perjanjian Baru. Paham ini jelas salah. Injil TIDAK DIBERIKAN kepada Yesus, melainkan Injil adalah TENTANG Yesus.

Injil dalam Perjanjian Lama (berdasarkan para nabi ibrani, sekitar 1000 tahun sebelum kedatangan Yesus):

Tempat Kelahiran Mesias:
Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. (Mikha 5:2)

Kelahiran Mesias dari Perawan:
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Yesaya 7:14)

Mesias dikirim untuk menanggung dosa kita:
Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian. (Yesaya 53:5-6)

Mesias disalibkan:
Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku.
(Mazmur 22:16)

Mesias mati selama 3 hari dan selanjutnya bangkit:
Maka atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus; dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya. (Yunus 1:17)

sebab Engkau tidak menyerahkan Aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan. (Mazmur 16:10)

Injil dalam Perjanjian Baru (berdasarkan murid-murid Yesus):

Tempat Kelahiran Mesias:
Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem (Matius 2:1)

Kelahiran Mesias dari Perawan:
Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. (Matius 1:18)

Mesias dikirim untuk menanggung dosa kita:
sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” (Matius 20:28)

Mesias disalibkan:
Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.” (Yohanes 20:25)

Mesias mati selama 3 hari dan selanjutnya bangkit:
Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. (Matius 12:39-40)

Ia (Yesus) tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga.” (Lukas 24:6-7)

Lalu apa yang kita bisa simpulkan dari semua ini? Apakah kabar baiknya? Kabar baiknya adalah:

Sang Mesias dilahirkan di Bethlehem dari seorang perawan. Dia dikirim untuk menyelamatkan umat manusia dengan menanggung dosa dunia. Dia disalibkan, mati, dan pada hari yang ke tiga bangkit.

Ini adalah pesan yang sama yang terus diberitakan mulai dari Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru. Dan sekarang Mesias itu telah kembali kepada kemuliaan-Nya awal-awal sebagai Raja Surga:

Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya. (Matius 25:31)

Dia akan datang untuk ke dua kalinya untuk membawa umat-Nya masuk ke dalam kerajaan Surga-Nya. Apakah kamu mau masuk ke dalam kerajaan Surga? Jika kamu mau, maka serahkanlah dirimu sepenuhnya kepada Yesus Kristus, Raja Surga.

Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa olehnya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu. (Yohanes 5:39-40)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 20, 2012 in Tentang Yesus

 

Tag: , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: